rss

Kamis, 26 November 2009

Terpecahkan, Misteri 60 Tahun Tata Surya



Pencarian planet di luar tata surya akan sedikit lebih mudah, berkat perbandingan baru dari matahari yang tampak seperti bintang.

Temuan ini telah mengungkapkan perbedaan kunci dalam bintang yang memiliki planet dan memecahkan misteri lama tentang unsur kimiawi matahari kita sendiri.

Misteri matahari berkutat pada kelimpahan unsur litium di dalam matahari. Tidak seperti kebanyakan unsur lain yang lebih ringan dari besi, lithium tidak dihasilkan dalam bintang.

Sebaliknya, diperkirakan bahwa unsur ini dihasilkan setelah Big Bang, 13,7 miliar tahun cahaya yang lalu. Kebanyakan bintang memiliki jumlah lithium yang sama, terkecuali unsur ini telah hancur dalam bintang.

Model evolusi bintang memprediksi bahwa bintang-bintang yang memiliki massa dan umur yang sama dengan matahari mempunyai tingkat lithium yang relative tinggi.

Tetapi para ahli astronomi melihat berbagai tingkat lithium matahari, yang memiliki beberapa kelimpahan lithium, sekitar 10 persen dari jumlah perkiraan untuk alam semesta yang hanya memiliki 1 persen dari kelimpahan primordial.

Karena sepertinya tidak ada jalan bagi matahari-seperti bintang-bintang untuk membakar lithium ini, para astronom yang tersisa dengan teka-teki. Di situlah Observatorium Selatan Eropa harpa spektrograf survei dari ratusan bintang datang menyelamatkan.

Seperempat dari total sampel survey HARPS mendapati matahari yang mirip bintang. Astronom Garik Israelian dan rekan-rekannya, dari Instituto de Astrofisica de Canarias di Tenerife, Spanyol menemukan bahwa mereka yang memiliki orbit sistem planet memiliki tingkat lithium yang mirip dengan matahari. Sementara untuk yang tandus, tingkat kandungannya lebih tinggi.

"Penjelasan dari teka-teki yang sudah bertahan selama 60 tahun tampak jauh lebih sederhana," kata Israelian. "Matahari kekurangan lithium karena memiliki planet."

1 komentar:

jogjashoppingcenter on 3 Mei 2010 06.55 mengatakan...

wah, bagus sekali nih, terus terang saya adalah pengagum tentang berita2 luar angkasa, sangat menakjubkan

 

follower