rss

Kamis, 26 November 2009

Wow, Benua Afrika Akan Terbelah



Ilmuwan mengatakan aktivitas gunung berapi dapat membelah benua Afrika menjadi dua. Pembelahan itu seperti ketika Afrika berpisah dari Amerika jutaan tahun yang lalu.

Dua letusan gunung berapi pada bulan September 2005, yang
menghasilkan retakan 60 kilometer di utara-timur Ethiopia, memungkinkan ilmuwan untuk meneliti lebih lanjut gerakan tektonik bumi.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Geophysical Research Letters peneliti mengatakan retakan biasanya terjadi di dasar laut dan merupakan proses utama yang memutuskan benua secara bertahap.

Namun, laporan ini menunjukkan bahwa batas vulkanik yang sangat aktif di sepanjang tepi lempeng tektonik bisa tiba-tiba pecah dalam bagian yang besar.

"Makna dari temuan ini adalah bahwa deformasi magnetik yang besar dapat terjadi dalam beberapa hari," kata pemimpin penelitian Atalay Arefe dari Universitas Addis Ababa di Ethiopia.

Arefe dan koleganya mengatakan Afrika akan mengalami fase yang sama, seperti ketika berpisah dari Amerika jutaan tahun yang lalu.

"Biasanya, fenomena semacam itu terjadi di bawah laut, yang tidak bisa diakses dan eksperimen sulit dan mahal dilakukan. Tetapi di Afar Ethiopia, ini cukup sebagai laboratorium alam bagi kita untuk bereksperimen," kata Arefe.

Dia mengatakan retakan 60 kilometer memberikan petunjuk pada ilmuwan tentang apa yang mungkin terjadi di daerah itu di masa depan.

1 komentar:

Pengobatan Darah Kental on 30 Maret 2013 pukul 00.05 mengatakan...

apa iya yah itu akan terjadi ? semoga hal itu tidak akan terjadi,, amiin

 

follower